||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TERBARU
recent

Tips berkerja effektif dan effisien


Apakah Anda pernah merasakan 24 jam sehari tidak pernah cukup? Atau perkerjaan anda seolah tidak pernah habis-habisnya.

Saya yakin semua orang pasti pernah merasakannya. Bahkan membuat kita stress sampai sampai sebagian orang depresi dibuatnya.

Suatu saat pernah saya tanya pada rekan kerja saya, apakah dia sudah mengerjakan tugas-tugas dia? Jawabannya bisa ditebak, tidak cukup waktu untuk menyelesaikan semuanya !!

Lalu saya kembali bertanya, apakah dia pernah menghitung berapa lama waktu yang bisa dialokasikan untuk setiap pekerjaan yang dibebankan kedia. Apakah dia punya rencana kerja harian, mingguan , bulanan, apakah dalam bekerja dia menerapkan skala prioritas untuk semua pekerjaanya. Jawabannya Cuma geleng-geleng kepala?????
Kebetulan kami bekerja di Mining dengan 12 jam kerja..Mulai jam 6 pagi sampe jam 6 sore.

Saya kasih perbandingan ke dia bagaimana saya, ketika orang sedang sibuk memulai kerja, saya masih bisa asyik baca koran, ngopi ditemanin rokok......sampai jam 8 Pagi... eunak tenan,, lumayan 2 jam lembur tanpa kerja, jam 4 sore sudah asyik main game sampe saatnya pulang..Jadi saya dibayar lembur Cuma buat santai dan main game aja...

Coba anda hitung berapa lama waktu yang kita buang sia-sia tanpa hasil positif setiap harinya.

1. Datang ketempat kerja, habis absensi ketemu teman ngobrol tentang gosip, hasil bola tadi malam 20 menit.
2. Menyalakan komputer 10 menit.
3. Laper cari camilan 15 menit.
4. Eh..koran dateng...baca dulu ah...25 menit,
5. Komputer udah nyala...baca email jorok, forward email..20 menit
6. Kebelet, pipis ama boker 20 menit.
7. Jam 11.45 udah siap-siap lunch kembali ketempat duduk jam 13.15 90 menit.
8. Capek ngaso dulu, Ngopi, ngerokok 20 menit.
9. SMS an ama pasangan/temen terus telpon telponan 20 menit.
10. Ngerumpi, curhat, gosipin atasan..25 menit
11. Pusing bawa Main game 35 menit.

Baru 11 item saja sudah 5 jam waktu yang ngga jelas...pantes aja pekerjaan belum kelar tau-tau udah sampai jam pulang. Bayangkan jika jam kerja Anda Cuma 8 jam, anda hanya punya waktu 3 jam untuk menyelesaikannya. Kenapa bisa begitu? Karena tidak ada rencana kerja dan prioritas kerja, sehingga kerja kita setengah-setengah. Belum selesai satu pekerjaan kita sudah diburu tugas yang lain.



Berikut tips bagaimana mengelola waktu dengan effisien dalam bekerja :

Buatlah perencanaan kerja harian, mingguan atau bulanan,
Tempelkan ditempat yang mudah dilihat. Sehingga anda tidak bingung harus memulai dari mana.
Rencana harian, adalah pekerjaan harian yg wajib anda lakukan dalam 1 hari. Anda bisa susun dengan rentang waktu per 2 jam.
Rencana Mingguan/Bulanan, biasanya monitoring dari pekerjaan harian, baik report atau recount. Anda bisa susun berdasarkan hari/minggu.

Buatlah skala prioritas tugas-tugas Anda.
Saat anda akan memulai aktivitas kerja, pikirkan apa yang harus anda selesaikan dihari itu, tuliskan disecarik kertas, atau buat tabel seperti contoh dibawah ini :

No

Task

Priority

When

Done

Pending

1

Pekerjaan A

II

03 PM

ok


2

Pekerjaan B

I

10 AM

ok


3

Pekerjaan C

III

2 hari


Besok



Prioritas bisa anda susun berdasarkan date line atau bobot dari pekerjaan Anda.

Pekerjaan wajib yang berulang-ulang tidak perlu disertakan dalam tabel, Mis : anda sebagai seorang Customer Service, melayani customer tidak perlu dituliskan.

Buatlah taks list/ daftar tugas diteam work anda.
dan siapa saja yang bertanggung jawab untuk itu, anda bisa susun berdasarkan job description dilevel anda, ini akan bermanfaat ketika anda ditanya oleh atasan. Maka anda bisa dengan mudah mengarahkan beliau ke pihak yang harusnya bertanggung jawab terhadap tugas tersebut. Jangan takut dibilang melempar tanggung jawab. Kan sama-sama digaji ini, masa dikerjakan sendiri. Gajinya tetap pusingnya nambah.

Dengan membuat 3 langkah sederhana diatas, dijamin anda akan bisa fokus pada pekerjaan Anda. Dan yang insya Allah, anda akan mendapatkan apresiasi yang baik dari atasan anda, team anda karena dan yang pasti Anda bisa lebih santai dalam bekerja.
Berikan Tip Agar Blog Ini Lebih Baik
Anda Menyukai Artikel Ini? SHARE dan LIKE please
Bang ELMU

Bang ELMU

3 komentar:

AYO berikan komentar yang RELEVAN dengan konten, kami berharap berupa masukan atau tambahan informasi. Agar bisa menambah wawasan kita semua.


Berkomentarlah dengan Bijak dan CERDAS :)

Diberdayakan oleh Blogger.