||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
TERBARU
recent

Tips sehat untuk karyawan kantoran dan internetholic

Jika anda karyawan kantoran atau internetholic, yang banyak berada di depan layar komputer berikut adalah beberapa tips agar kesehatan tetap terjaga

Sesuaikan peralatan kerja setiap akan mulai bekerja, sehingga kelelahan & cedera dapat dikurangi, seperti:
  • Sesuaikan tinggi kursi sesuai tinggi badan
  • Letak tepi atas monitor ada dalam 1 garis lurus dengan mata sehingga kepala tidak menengadah ataupun menunduk ketika melihat ke monitor
  • Jarak monitor dengan mata ada dalam jarak membaca (sekitar 50cm) sehingga badan tidak perlu membungkuk setiap kali melihat ke monitor
  • Atur 'refresh rate' monitor sebesar 72Hz atau lebih sehingga mata tidak cepat lelah
  • Seluruh punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi yang empuk
  • Gunakan sandaran telapak kaki (footrest) sehingga posisi tungkai dalam keadaan rileks.
  • Lengan atas & bawah membentuk sudut 90 derajat saat mengetik
  • Kedua pangkal telapak tangan bertumpu/bersandar pada meja, tidak menggantung
  • Gunakan kursi dengan penyangga/sandaran lengan bawah
  • Agar dapat membaca dengan nyaman, atur setting kontras & kekuatan cahaya dari monitor, tidak terlalu terang sehingga menyilaukan mata & kontras yang mencukupi sehingga tulisan di monitor mudah dibaca
  • Hindari adanya cahaya terang tepat di belakang atau di depan monitor
  • Pastikan penerangan di ruangan mencukupi untuk membaca buku/tulisan tercetak
  • Gunakan & atur dengan tepat headphone & mikrofon (headset) yang disediakan agar dapat mendengar dengan jelas & berbicara tanpa perlu berteriak
  • Hindari posisi duduk yang sama selama waktu yang lama, variasikan beberapa posisi duduk yang nyaman
  • Untuk mendukung kerja yang optimal & mencegah terkena gangguan kesehatan, disarankan untuk:
  • Istirahat selama 5 menit setiap bekerja selama 1 jam, istirahat ini tidak dapat digabungkan. Gunakan waktu istirahat singkat ini untuk berjalan, melakukan gerakan-gerakan olahraga ringan, atau mengambil minuman
  • Waktu istirahat yang lebih lama (15-30 menit) setiap 4 jam bekerja, gunakan untuk rileks/beristirahat & makan
  • Untuk mengurangi kelelahan mata, lihat ke luar jendela (pemandangan) atau benda yang letaknya jauh setiap 10-15 menit sekali
  • Pastikan cukup minum untuk mencegah dehidrasi. Kebutuhan cairan yang disarankan untuk mereka yang bekerja di ruangan ber-AC adalah sekitar 50-60cc/kgBB/hari. Contohnya jika berat badan 50kg, maka paling sedikit harus minum sekitar 2500cc/hari
  • Jangan menahan kencing untuk mencegah infeksi saluran kemih atau terbentuknya batu di saluran kencing
  • Sesuaikan suhu ruangan kerja, tidak terlalu dingin atau terlalu panas. Suhu yang terlalu panas akan membuat cepat lelah & emosi meningkat, sedangkan suhu yang terlalu dingin akan membuat otot menjadi kaku & lebih mudah terkena cedera. Suhu yang disarankan adalah sekitar 24-25 derajat Celcius
  • Jika dimungkinkan, putar musik dalam volume yang pelan untuk menghindari kejenuhan & meredam emosi
  • Tidur dalam jumlah yang cukup, sekitar 6-8 jam/hari
  • Makan makanan yang bergizi lengkap, bervariasi, & seimbang, juga cukup serat (sayuran/buah)
  • Makan berat 1-2 jam sebelum mulai bekerja sehingga ada cukup energi untuk bekerja tanpa diganggu rasa lapar atau kantuk
  • Berolahraga secara teratur 2-3 kali setiap pekan
  • Segera berkonsultasi dengan dokter setiap kali merasakan ada gejala/keluhan di tubuh yang tidak normal sehingga dapat cepat diobati.
Berikan Tip Agar Blog Ini Lebih Baik
Anda Menyukai Artikel Ini? SHARE dan LIKE please
Bang ELMU

Bang ELMU

6 komentar:

  1. artikel anda bagus dan menarik, artikel anda:
    http://www.infogue.com/
    http://psikologi.infogue.com/tips_sehat_untuk_karyawan_kantoran_dan_internetholic

    anda bisa promosikan artikel anda di infoGue.com yang akan berguna untuk semua pembaca. Telah tersedia plugin/ widget vote & kirim berita yang ter-integrasi dengan sekali instalasi mudah bagi pengguna. Salam!

    BalasHapus
  2. hhmm...kalo kursiku ga ada sandarannya,,,jd membungkuk terus,,hehehe..
    sip deh info-nya..

    BalasHapus
  3. infonya asyik juga...seharusnya semua karyawan kantor baca ni, terutama point ttg memasang handset sebaik mungkin jadi gak perlu teriak2 kalau lagi telp.. :-) thx infonya yaa,,

    BalasHapus
  4. wah... jadi banyak tau nih..

    makasih ya :)

    BalasHapus
  5. Wah ga sampe kepikiran ke situ. Makasih bro infonya..

    BalasHapus
  6. ah.. giling, komplit bener tipsnya..
    tp klo ol sy cm bermodalkan komputer ma bantal duduk satu, udah! gmn tuh bang? menggunakan bantal bau iler selama 3tahun ada efek sampingnya ga?

    BalasHapus

AYO berikan komentar yang RELEVAN dengan konten, kami berharap berupa masukan atau tambahan informasi. Agar bisa menambah wawasan kita semua.


Berkomentarlah dengan Bijak dan CERDAS :)

Diberdayakan oleh Blogger.